JENDELAPUSPITA – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya, membuka lomba tahunan tersebut di SMKN 2 Bandung pada Senin, 13 Mei 2024. Seluruh peserta berasal dari 27 kabupaten/kota dan akan menunjukkan kemampuan mereka di 27 mata lomba yang dilaksanakan di enam SMK di Kota Bandung dan satu SMK di Kota Cimahi. LKS SMK Tingkat Jabar ini berlangsung dari tanggal 13 hingga 16 Mei 2024.

Kompetisi Bentuk Karakter Siswa

Kadisdik menjelaskan bahwa ajang kompetensi seperti LKS memberi ruang bagi siswa untuk membentuk karakter. “Bukan tentang menang kalah, tetapi membentuk jati diri adik-adik menjadi kuat. Tidak hanya dalam lomba, tetapi menjadi kuat dalam kehidupan di masa sekarang dan yang akan datang,” katanya.

Kadisdik menambahkan bahwa menjadi juara tidak akan bermakna tanpa memahami arti disiplin, sportivitas, kejujuran, dan karakter baik lainnya. “Piala akan berdebu, piagam kemenangan bisa hilang, namun karakter yang baik akan terus bertumbuh dan menang,” tegasnya.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh guru pembimbing yang terus membina siswa hingga mencapai titik ini, menjadi yang terbaik di kabupaten/kota masing-masing.

Senada dengan itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Edy Purwanto, mengatakan bahwa LKS bertujuan menciptakan platform bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya, merangsang semangat belajar, kreativitas, serta kolaborasi antara sekolah, industri, dan pemerintah. “Serta mempromosikan pendidikan kejuruan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain diikuti oleh 493 siswa, LKS tahun ini juga menghadirkan 429 pembimbing, 81 juri, dan 27 ketua kontingen. Para juara 1 di tingkat provinsi nantinya akan mewakili Jabar di tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada September 2024 di Lampung.

Pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Tim Kerja Penjaminan Mutu Peserta Didik dan Tata Kelola Direktorat SMK Mendikbudristek, Eru Ahmad Sutaman; Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Ai Nur Hasan; serta tamu undangan lainnya.

Adapun ketujuh sekolah penyelenggara lomba, antara lain:

  1. SMKN 2 Bandung:

CNC Milling, CNC Turning, Teknik Mesin CAD, Teknologi Web dan Cloud Computing

  1. SMKN 4 Bandung:

Administrasi Sistem Jaringan TI, Solusi Perangkat Lunak TI untuk Bisnis, Kabel Jaringan Informasi, Elektronika

  1. SMKN 6 Bandung:

Instalasi Listrik, Teknologi Otomotif, Gedung CAD, Teknik Die Plastik, Lansekap dan Berkebun

  1. SMKN 8 Bandung:

Bengkel Mobil, Pendingin dan Tata Udara

  1. SMKN 9 Bandung:

Teknologi Desain Grafis, Teknologi Fesyen, Resepsionis Hotel, Pelayanan Restoran, Patisserie dan Confectionery

  1. SMKN 15 Bandung:

Kesehatan dan Kepedulian Sosial

  1. SMKN 1 Cimahi:

Keamanan Siber, Pengendalian Industri, Mekatronik, Mobile Robotika

(Hendi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *