Salah satu hal yang hingga detik ini masih membingungkan adalah, saat kita tahu bahwa membaca itu teramat sangat banyak manfaatnya, tapi di saat itu pula banyak orang yang tidak mau MELAKUKAN kebiasaan budaya membaca.

Padahal sejak kecil juga, kita sudah diajarkan bahwa membaca sebanyak mungkin adalah jalan menuju kesuksesan. Coba bayangkan seseorang yang cerdas, seseorang pekerja keras yang anda kenal, pasti Anda akan membayangkan mereka duduk di perpustakaan membaca beberapa buku sekaligus selama berjam-jam.

Meskipun orang yang hobi membaca belum bisa dijamin kesuksesannya, orang-orang sukses pastilah seorang pembaca setia.

Lihatlah Bung Karno, pada usia 16 tahun ia telah melahap habis berbagai karya besar Dunia. Ia mengagumi Thomas Jefferson dengan Declaration of Independence yang ditulis tahun 1776.

Di usia belia tersebut, Ia telah paham betul gagasan George Washington, Paul Revere, hingga Abraham Lincon. Semuanya ia pelajari dari membaca. Ir. Sukarno, 70% harta kekayaannya adalah buku Beliau pernah berkata,

”Aku gemar sekali belajar, gemar membaca. Sampai, boleh dikatakan, aku kadang- kadang meninggalkan pelajaran-pelajaran di sekolah untuk waktunya aku pakai membaca buku-buku politik, yang tidak diajarkan di sekolah kepada saya.

Aku membaca sejarah dunia, aku membaca sejarah bangsa-bangsa, aku membaca kitab-kitab tentang gerakan kaum buruh, aku membaca tentang gerakan Islam.”

“Jadi, aku ini gemar membaca, oleh karena aku anggap perlu untuk mengisi otakku, mengisi pikiranku, mengisi semangatku selebar-lebar mungkin. Jendela terbuka, ide-ide itu masuk di dalam ingatanku, pikiranku itu.”

Dan semua dari mereka, orang yang gemar membaca dan orang sukses, memiliki ciri-ciri yang sama sebagai berikut.

Berikut ini merupakan 5 alasan kenapa orang yang suka membaca akan lebih bisa sukses dari mereka yang tidak suka membaca, dikutip dari berbagai sumber :

  1. Memulai dengan Membaca Tulisan Ringan

Bagi orang yang belum terbiasa membaca buku, mungkin dirasa berat jika harus menghabiskan satu buku bacaan. Maka untuk memulainya bisa dengan membiasakan diri membaca tulisan-tulisan ringan dengan topik yang tidak terlalu berat dan jumlah halaman yang tidak terlalu banyak.

  1. Membaca Buku yang Disukai

Jangan memaksa diri membaca buku-buku teks berat untuk mulai membiasakan diri membaca. Mulailah dengan membaca buku sesuai dengan topik yang kita minati. Kita juga dapat membaca review buku yang akan kita baca terlebih dahulu untuk mengetahui apakah isinya menarik dan sesuai dengan selera baca kita.

  1. Selalu Membawa Buku Saat Pergi

Sebagaimana adagium yang sudah tidak asing lagi di telinga kita bahwa sebaik-baik teman duduk adalah buku. Membawa buku kemanapun kita pergi akan membuat kita terbiasa dengan buku. Dengan demikian kita akan merasa nyaman dengan buku.

  1. Menetapkan Target Membaca

Agar aktivitas membaca menjadi lebih konsisten dan teratur, sebaiknya kita menetapkan target membaca. Misalnya menetapkan target dalam waktu satu bulan harus menuntaskan satu buku, atau bisa juga menetapkan target harian. Misalnya dalam waktu sehari harus menghabiskan sepuluh halaman.

  1. Memberi Apresiasi Terhadap Diri Sendiri

Setiap kali target membaca buku yang telah ditetapkan berhasil kita tuntaskan, tidak ada salahnya untuk mengapresiasi diri dengan memberikan hadiah kecil untuk kemajuan membaca yang telah kita lakukan. Kita bisa memanjakan diri dengan hal-hal positif agar semangat membaca kita terus meningkat.

(Hendi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *