Siapa yang tak kenal dengan Raffi Ahmad, artis yang sekarang dikenal dengan sebutan Crazy Rich Indonesia atau Sultan Andara? Raffi memang pantas mendapatkan julukan itu. Padahal rasanya baru kemarin menyaksikan sinetron pertamanya bersama Laudya Cynthia Bella. Tanpa terasa sekarang dia sudah menjadi pengusaha yang tajir melintir. Kok bisa, ya…
Perjalanan karier Raffi Ahmad di dunia entertainment memang patut diacungi jempol. Ia pantas dijadikan sosok inspiratif karena menjadi wirausaha sukses. Tercatat beberapa perusahaan yang dimilikinya, Rans Music, Powerans, studio animasi, digital gamers, bisnis kecantikan, taman bermain dan kebun binatang, belum lagi bisnis kuliner. Tidak lupa Raffi juga memiliki klub sepak bola dan klub basket. Luar biasa.
Semua kesuksesan itu sangat layak kita jadikan inspirasi, baik untuk kita sendiri maupun untuk peserta didik, di mana untuk mencapai semua itu memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Perlu perjuangan, kerja keras, kemauan, doa, dan ikhtiar.
Perjalanan Raffi tidak semulus apa yang kita bayangkan. Dia pernah tersangkut beberapa kali masalah. Tentu kita masih ingat ketika Raffi Ahmad ditahan BNN karena terjerat kasus narkoba. Dia sampai memiliki utang hampir 1 miliar akibat ditahan karena kasus tersebut.
Namun, karena Raffi dikenal sebagai orang yang baik, ramah, dan suka membantu orang lain, peristiwa yang menimpa dirinya di 2013 itu, tidak terlalu memengaruhi kehidupannya. Dia kembali dipercaya memegang beberapa acara di televisi. Perlahan tapi pasti, dia bangkit kembali dan terus membangun usahanya dari nol hingga sekarang memiliki predikat Sultan Andara.
Lebih hebatnya lagi, pada 20 Januari 2022, dia mengumumkan bahwa sedang membuka lowongan CPNS untuk bekerja di BUMN. Loh, kok? Ternyata CPNS di sini adalah (Calon Pegawai Nagita Slavina) dan BUMN (Badan Usaha Milik Nagita).
Berdasarkan pengakuan Raffi, per November 2021, jumlah karyawannya mencapai 400 pegawai. Luar biasa. Ternyata untuk menjadi semua itu, banyak sekali tantangan yang dijalani, dan harus memiliki semangat untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuannya. Menurut Raffi, musuh terbesar untuk meraih sukses itu adalah karena kita suka terlalu cepat puas. Beberapa kunci sukses Raffi yang dapat kita adaptasi untuk kita aplikasikan, adalah:

  1. Selalu Optimis
    Semua harus melalui dan menikmati proses, dan untuk itu diperlukan sikap yang optimis bahwa semua akan baik-baik saja, serta selalu percaya bahwa apa yang sedang kita perjuangkan akan menghasilkan sesuatu yang kita tuju, yaitu keberhasilan.
  2. Buka Banyak Keran
    Raffi memiliki prinsip harus selalu membuka banyak peluang, sehingga semakin banyak peluang yang kita buka, maka semakin banyak pula kesempatan untuk meraup lebih banyak keberhasilan. Namun tetap perlu fokus dan konsisten di dalam menjalankan semua peluang tersebut. Jangan lupa perbanyak link yang akan memudahkan kita untuk membantu membuka peluang tersebut.
  3. Kolaborasi
    Kolaborasi adalah salah satu cara terbaik unntuk membawa kita bersama-sama saling mendukung dan menyemangati sehingga mampu memecahkan permasalahan yang muncul. Semakin banyak kita berkolaborasi dengan orang yang satu visi, maka akan semakin banyak peluang untuk lebih bisa maju bersama.
  4. Semangat Tanpa Batas
    Semangat diperlukan untuk memicu pergerakan sehingga akan memancing ide-ide brilian, kreativitas, dan inovasi-inovasi baru, sehingga akan membuahkan hasil yang maksimal. (Erni W)
2 thoughts on “Belajar Wirausaha dari Raffi Ahmad, Mulai Dari Nol Hingga Merekrut CPNS untuk Bekerja di BUMN”
  1. Asalamu’alaikum dari usia berapa sampai berapa yang di terima di cpns& bumn nya ka Rafi kami tertarik semoga saja bisa diterima sesuai kemampuan kami dan pas dengan kebutuhan ka Rafi terimakasih.SA’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *