Seseorang yang sedang sakit demam biasanya akan mengalami suhu tubuh yang naik, batuk, pilek, sakit kepala, dan merasa lelah. Demam juga dapat disertai dengan gangguan perut seperti mual dan muntah. Biasanya, demam akan hilang sendiri dalam waktu 2-3 hari.

Akan tetapi, terkadang demam tidak kunjung sembuh meskipun sudah mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mencoba beberapa cara alami untuk menghilangkan demam tanpa obat seperti berikut ini:

  1. Minum air putih yang cukup

Cara paling sederhana untuk menurunkan panas tubuh adalah dengan minum air putih yang cukup. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa minum air putih setiap 2 jam sekali. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka atau melon.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu meredakan rasa panas dan lelah pada tubuh. Anda bisa mandi selama 15-20 menit dengan air hangat, lalu bilas dengan air dingin. Mandi air hangat juga dapat membantu meredakan nyeri pada otot dan perut yang sering diakibatkan oleh demam.

  1. Menggunakan bantal dingin

Untuk memberikan efek dingin pada tubuh, Anda bisa menempelkan bantal dingin atau kompres es di bagian tubuh yang ingin Anda rasakan dinginnya. gunakan bantal dingin atau kompres es selama 15-20 menit saja agar tubuh tidak terlalu dingin.

  1. Menyediakan udara segar

Udara yang segar dapat membantu meredakan rasa panas pada tubuh dan demam akan cenderung turun dengan sendirinya. Anda bisa membuka jendela atau pintu rumah agar udara luar dapat masuk ke dalam ruangan. Selain itu, Anda juga bisa berpindah ke tempat yang udaranya lebih segar seperti taman atau gazebo.‚Äč

Cara Menghilangkan Demam Secara Alami

Tubuh yang masuk angin akan mengalami demam. Kondisi tubuh yang sedang demam biasanya akan mengalami suhu tubuh yang naik dari biasanya. Saat sedang demam, seseorang biasanya akan merasa lemah, lesu, dan tidak nyaman. Untuk menghilangkan demam secara alami, berikut beberapa tips yang dirangkum dan diambil dari berbagai sumber kesehatan yang bisa dilakukan:

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Dalam kondisi demam, sebaiknya seseorang minum air putih secara rutin. Air putih dapat membantu dalam menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat. Selain itu, air putih dapat mencegah dehidrasi saat sedang demam. Jadi, selain memberikan efek menurunkan suhu tubuh, air putih juga dapat memberikan efek yang menenangkan tubuh yang sedang demam.

  1. Gunakan Masker untuk Melindungi Diri Dari Virus dan Bakteri

Masker dapat digunakan untuk melindungi diri dari virus dan bakteri di udara sekitar. Dengan menggunakan masker, maka virus dan bakteri tidak akan masuk dan menginfeksi tubuh. Sehingga, dengan menggunakan masker, maka demam yang dialami oleh seseorang akan berkurang.

  1. Minum Teh Herbal

Teh herbal seperti teh jahe dan teh ketiak kucing dapat bermanfaat dalam menurunkan suhu tubuh saat demam. Jahe dapat meredakan peradangan dan sebagai anti virus alami. Sedangkan teh ketiak kucing dapat membunuh virus penyebab demam. Jadi, untuk mencegah demam atau untuk menurunkan suhu tubuh saat sedang demam, perbanyaklah minum teh herbal seperti teh jahe dan teh ketiak kucing.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih dapat menurunkan suhu tubuh. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah tertular oleh virus dan bakteri penyebab demam. Jadi, selain menurunkan suhu tubuh, bawang putih juga dapat mencegah demam secara alami.

  1. Kompres dengan Air Hangat

Untuk menurunkan suhu tubuh, sebaiknya seseorang melakukan kompres dengan air hangat. Caranya cukup dengan merendam handuk dalam air hangat, kemudian tempelkan handuk tersebut pada bagian tubuh yang sedang demam. Akan tetapi, saat melakukan kompres dengan air hangat, jangan langsung membersihkannya dengan air dingin kemudian membersihkan lagi dengan air hangat. Hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit pneumonia atau gondongan.

(Hendi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *