Bekasi merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Barat, tepatnya masih bersebelahan dengan ibu kota. Meski begitu, Bekasi yang sangat identik dengan keberadaan pabrik industri membuatnya menjadi tempat yang sangat terik, banyak masyarakat yang meleluconinya sebagai kota yang paling dekat dengan matahari.

Namun, Bekasi ini juga memiliki sejumlah daya tarik wisata yang dapat menjadi melepas penat pada akhir pekan atau musim liburan. Apa saja, sih? Berikut ulasannya!

Gedung Juang 45

Gedung Juang 45 Bekasi

Bangunan bersejarah ini dulunya merupakan kantor pemerintahan pada masa kependudukan Belanda dan Jepang. Gedung Juang 45 merupakan saksi sejarah perjuangan rakyat Bekasi untuk Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Lokasinya terletak di Jalan Sultan Hasanudin 5, Tambun Selatan. Pengunjung tidak perlu membayar sepeser pun untuk memasuki area Gedung Juang 45. Bangunan yang kini menjadi perpustakaan ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Situ Cibeureum

Situ Cibeureum

Destinasi wisata ini merupakan danau yang berlokasi di dua desa, yakni Desa Lambang Sari dan Desa Lambang Jaya, Tambun Selatan. Awalnya memiliki luas mencapai 38 hektare. Namun, kini menyusut hingga 2 hektare saja. Danau ini menyuguhkan suasana alam yang masih terjaga dan jauh dari kebisingan. Tak heran banyak warga Bekasi hingga para pelancong singgah ke sini untuk melakukan self-healing.

Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting

Muara Beting merupakan salah satu destinasi wisata bahari di kawasan permukiman Muara Gembong. Harga tiket masuk Pantai ini sendiri yaitu Rp.20.000/orang. Pantai ini juga memiliki hutan bakau seluas 70 hektare. Momen saat matahari terbenam memiliki daya tarik tersendiri, khususnya bagi para pengagum senja.

Saung Ranggon

Saung Ranggon

Pada awal pembentukannya, Saung Ranggon bermanfaat sebagai tempat penyimpanan hasil panen warga sekitar. Kini, tempat itu menjadi destinasi wisata sejarah warga Bekasi. Area ini berada di permukiman warga, tepatnya di Kampung Cikedokan, Cikarang Barat. Dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan.

Curug Parigi

Curug Parigi

Destinasi wisata ini sering dijuluki sebagai Niagara Fall Bekasi. Semenjak kepopulerannya di media sosial, Curug Parigi langsung ramai dikunjungi wisatawan. Biasanya pengunjung tidak ragu untuk menjelajahi bebatuan raksasa untuk menikmati percikan air. Curug ini berlokasi di Cikiwul, Bantargebang, Bekasi.

Taman Buaya Indonesia Jaya (TBIJ)

Taman Buaya Indonesia Jaya

TBIJ berada di Jalan Raya Serang-Cibarusah KM3, Serang Baru, Bekasi. Terdapat 500 spesies buaya yang terdiri dari Buaya Moncong Panjang Kalimantan, Buaya Muara Sumatera, Buaya Irian, Buaya Albino. Untuk dapat melihat langsung koleksinya, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak di atas 3 tahun.

Itulah beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Bekasi. Kira-kira mana yang menarik perhatian Anda? (AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *