Fakta dan Tips Seputar Masakan Bersantan

JENDELAPUSPITA – Masakan bersantan dari kelapa maupun minyaknya adalah salah satu pilihan terbaik untuk di konsumsi manusia. Santan kelapa membantu mengimbangi kandungan kolesterol pada daging, karena yang mengandung kolesterol adalah daging atau jeroan, bukan santannya.
Fakta Mengenai Kolesterol:

  • Ikan: 40 – 140 mg
  • Kuning telur: 1400 mg
  • Kelapa: 0 mg
  • Durian: 0 mg

Santan kelapa tidak mengandung kolesterol karena kelapa tidak memiliki hati.

Penggunaan Santan dalam Masakan

Meskipun santan kelapa tidak mengandung kolesterol, perlu diperhatikan bahwa masakan bersantan yang dipanaskan berulang kali dapat mengubah lemak di dalamnya menjadi lemak jahat. Lemak jahat ini berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda.

Tips Setelah Makan

  1. Berkumur: Setelah makan, berkumur sebanyak tiga kali.
  2. Minum: Minum satu hingga dua teguk air hanya sekadar membasahi kerongkongan. Minum dalam jumlah banyak sebaiknya dilakukan 15 – 30 menit setelah makan dengan air hangat. Minum air dingin segera setelah makan dapat menggumpalkan lemak makanan pada dinding usus ketika bertemu asam lambung. Hal ini dapat menutup empat urat jantung dan menyebabkan serangan jantung.

Tips Konsumsi Buah

Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum makan atau dua jam sesudah makan.

Dengan memperhatikan tips dan fakta di atas, kita dapat menikmati makanan bersantan dengan lebih sehat dan meminimalkan risiko kesehatan yang mungkin timbul.

(Hendi/red)