JENDELAPUSPITA – Astra UD Trucks, bekerja sama dengan UD Trucks Indonesia, telah mengambil langkah inovatif dengan meluncurkan program pendidikan SMK Kelas Quester sejak tahun 2023, dalam kemitraan dengan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta.

Program ini tidak hanya merespons kekurangan tenaga kerja terampil dalam industri otomotif, tetapi juga mengutamakan keselamatan kerja bagi generasi muda yang akan memasuki dunia industri. Dengan pendekatan holistik, program ini menggabungkan pembelajaran teknis mendalam dengan praktik keselamatan kerja, memberikan siswa pemahaman menyeluruh tentang pentingnya menjaga keamanan di tempat kerja.

Sabtu, 9 Maret 2024, sekitar 40 siswa yang terlibat dalam program tersebut mendapatkan kesempatan emas untuk mengunjungi booth UD Trucks di GIICOMVEC 2024. Kunjungan ini bukan sekadar kegiatan biasa, tetapi sesi pembelajaran interaktif di mana mereka dapat melihat langsung teknologi terbaru, berinteraksi dengan profesional industri, dan memahami implementasi praktik keselamatan dalam teknologi kendaraan komersial modern. Langkah ini penting untuk membangun kesadaran mereka akan standar keselamatan yang harus selalu menjadi prioritas.

Menghadapi tantangan dalam industri otomotif Indonesia, termasuk kekurangan tenaga kerja terampil seperti yang dicatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, program ini bertujuan untuk menutup kesenjangan tersebut. Astuti Siwi Utami, sebagai Kepala Departemen HR-GA Astra UD Trucks, menekankan pentingnya integrasi kurikulum yang kaya akan konten teknis dan keselamatan kerja, sehingga program ini menyiapkan siswa tidak hanya sebagai mekanik yang terampil, tetapi juga sebagai pelaku keselamatan di industri.

Jelita Wunadi Putri, Kepala Departemen HR-GA UD Astra Motor Indonesia, menyoroti pentingnya program ini, “Kami melihat pendidikan sebagai investasi dalam masa depan industri kami. Dengan mendidik siswa tentang teknologi kendaraan terbaru dan praktik keselamatan terbaik, kami membentuk generasi mendatang yang tidak hanya terampil, tetapi juga peduli terhadap keselamatan kerja.”

Budi Rudianto, Kepala Departemen Pemasaran Layanan Astra UD Trucks, menambahkan, “Komitmen Astra UD Trucks terhadap keselamatan merupakan bagian integral dari DNA kami. Melalui program ini, kami berharap menginspirasi siswa dan menanamkan nilai-nilai yang kami pegang teguh, membantu membangun ekosistem industri yang lebih aman dan produktif.”

Dengan antusiasme yang tinggi, Bapak Zaenal Arifin, Hubinmas dan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta, menyatakan, “Kami sangat bersyukur atas kerja sama ini dengan Astra UD Trucks. Melalui pendidikan yang komprehensif dan kunjungan ini, siswa kami mendapatkan wawasan langsung tentang apa yang dibutuhkan untuk berhasil dalam industri otomotif, sambil memprioritaskan keselamatan kerja.”

Program ini, yang dimulai sejak tahun 2023, telah menghasilkan tenaga kerja yang sangat kompeten di bidangnya, yang dibentuk melalui pelatihan ini dan berkesempatan untuk berkontribusi sebagai mekanik di Astra UD Trucks.

Salah satu cerita inspiratif dari Tri Mulyono, yang dulunya seorang mekanik dan sekarang menjadi Kepala Bengkel Astra UD Trucks Cabang Tangerang, menegaskan nilai program pendidikan seperti ini, “Pendidikan yang saya terima telah menjadi fondasi karier saya. Ini lebih dari sekadar mempelajari keterampilan; ini tentang membangun kompetensi, budaya keselamatan, dan karakter yang unggul. Melalui program pendidikan serupa, saya dipersiapkan untuk meniti karier yang lebih tinggi.”

Program pendidikan SMK Kelas Quester oleh Astra UD Trucks dan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta merupakan langkah maju dalam pendidikan vokasi, menawarkan lebih dari sekadar pengetahuan teknis, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dalam industri otomotif Indonesia. (Hendi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *