JENDELAPUSPITA, Malang – Kampung Warna Warni Jodipan merupakan sebuah kampung wisata pertama di Malang dengan penuh warna. Kampung ini berada di tepi Sungai Brantas yang di hiasi tembok rumah warna-warni sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Awalnya, Kampung Warna Warni Jodipan adalah salah satu daerah kumuh yang ada di Malang. Banyaknya sampah di aliran Sungai Brantas betebaran di mana-mana. Kemudian, sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang bekerja sama dengan perusahaan cat melalui program Corporate Social Responsible (CSR) menyulapnya menjadi kampung penuh warna.

Kampung Wisata Favorit di Malang

Sejak di resmikan pada 2017, Kampung Warna Warni Jodipan menjelma menjadi salah satu kampung wisata favorit pengunjung saat pelesiran ke Malang. Perubahan dari kesan kumuh membawa pengaruh besar bagi penduduk sekitar. Tak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan usai kampung mereka bersolek begitu cantiknya.

Keberhasilan bertransformasi menjadi kampung wisata menginspirasi kampung-kampung lainnya, seperti Kampung Biru Arema dan Kampung Tridi yang berjarak tak jauh dari Kampung Jodipan. Setiap sudut Kampung Warna Warni selalu menjadi daya tarik untuk berfoto. Terdapat lorong berisikan payung-payung menggantung di atas jalanan.

Pada lorong tersebut, pengunjung dapat menemukan banyak topeng tradisional Jawa yang bergelantungan di bawah topi caping para petani. Hal tersebut menjadikannya sebagai pemandangan unik. Banyak yang menamakan lorong ini sebagai lorong topeng.

Jembatan Kaca Ngalam

Di Kampung Warna Warni Jodipan, para wisatawan dapat menemukan sebuah jembatan kaca yang bernama Ngalam. Jembatan ini resmi beroperasi pada 9 Oktober 2017 dan menjadi magnet tersendiri juga bagi para wisatawan. Jembatan Kaca Ngalam merupakan jembatan penghubung antara Kampung Tridi dengan Kampung Jodipan yang di pisahkan aliran Sungai Brantas.

Dari jembatan ini, wisatawan dapat melihat secara keseluruhan Kampung Jodipan dengan sangat jelas. Para wisatawan juga sesekali dapat menyaksikan kereta api yang melintas dari kejauhan pada Jembatan Kaca Ngalam.

Keunikan lainnya yang ada di Kampung Jodipan adalah sering masuk ke dalam film layar lebar. Salah satunya adalah film Yowis Ben yang di bintangi oleh Bayu Skak, Joshua Suherman, Brandon Salim, Arief Didu, sebagai latar syuting film dan serinya. (AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *