JENDELAPUSPITA – Sabtu, 23/12/2023, Jendela Puspita bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kota Bogor mengadakan Workshop Nasional Pelatihan Menulis Esai. Acara tersebut di selenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jalan Padjajaran No. 125, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dalam rangka menghidupkan gerakan literasi dan meningkatkan keterampilan menulis esai, Jendela Puspita memilih tema “Urgensi Melahirkan Gagasan bagi Para Pendidik guna Meraih Kesuksesan dalam Pendidikan”.

“Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para peserta yang sudah bersedia meluangkan waktu liburannya untuk belajar dan tidak pernah berhenti memberi manfaat,” ujar Afif Ardiansyah, selaku ketua pelaksana.

Narasumber di datangkan dari budayawan untuk motivasi, akademisi kampus untuk penguasaan teori, dan penerbit selaku praktisi. Kegiatan ini tidak semata hanya teoritis semata, tetapi peserta (pendidik) juga di dampingi untuk melahirkan karya tulis (esai) pada saat pelaksanaannya sampai selesai.

Berbeda dari Workshop Lainnya

Dalam workshop nasional ini, para peserta bisa berkonsultasi langsung kepada para ahli. Kabar baiknya, hasil tulisan peserta juga akan di bedah dan di tuntun untuk menghasilkan tulisan esai yang menarik dan berkualitas. Selanjutnya karya tulis mereka akan di bukukan (ber-ISBN) dan menjadi inspirasi bagi pendidik lainnya. Peserta yang di kirimkan sebagai perwakilan sekolah akan di cantumkan nama sekolahnya pada hasil karya mereka yang di sosialisasikan.

Rd. Ace Sumanta dalam materinya memberikan motivasi untuk tidak berhenti menebarkan virus literasi di mana pun berada. Sebab, faktanya masih ada beberapa dari kita lebih sering terlalu asyik dengan ponselnya ketimbang buku bacaan.

Sementara itu, Nur Indah Yusari, S.Pd., M.Hum, yang juga seorang penulis, editor, dan penulis menyampaikan materi mengenai teori pragmatis esai. Beliau juga menjelaskan definisi esai, unsur pembentuk esai, tahapan membuat esai, dan tip menulis esai.

Pelatihan Akan Dilanjutkan Hingga Buku Diterbitkan

Setelah menerima motivasi dan materi, para peserta berkesempatan praktik menulis esai secara langsung dengan pakarnya. Mereka begitu menikmati setiap kiat praktik membuat esai dari materi yang di sampaikan oleh Siska Puspita Dewi.

“Pelatihan menulis esai ini tidak selesai dalam sehari saja. Tentunya kami juga akan melanjutkan pelatihan ini dengan para peserta melalui daring. Kami ingin memberikan pelatihan yang terbaik untuk para peserta hingga karya tulisnya di bukukan ber-ISBN,” ungkap Siska Puspita Dewi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *