Perjalanan Wisata ke Yogyakarta Afifa Zhafiratunnisa Sofiyani

JENDELAPUSPITA – Pada pertengahan Oktober 2022, aku bersama keluargaku berwisata ke Yogyakarta. Setelah beberapa bulan menanti, akhirnya tiba waktunya kami berangkat. Aku bahagia dan senang sekali karena tiba di sana dengan selamat.

Sesampainya di Yogyakarta, tempat pertama yang dikunjungi, yaitu Candi Borobudur. Di sana berjajar patung-patung candi yang mengingatkanku pada pelajaran di sekolah tentang sejarah Candi Borobudur.

Candi Borobudur sudah kembali menerima kunjungan dari wisatawan. Sejak pandemi Covid-19, pengunjung belum bisa naik ke candi bagian atas dan hanya bisa menikmati Candi Borobudur di pelatarannya saja.

“Yah, mengapa candi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah?” tanyaku kepada Ayah.

“Karena candi ini sangat spesial. Mengunjungi Candi Borobudur bisa bermanfaat banyak buat kita. Selain liburan, kita bisa sekaligus belajar sejarah dan mengagumi hebatnya budaya serta kemampuan leluhur kita dahulu.” Ayah menjelaskan dengan sangat sabar.

Aku berdecak kagum. Kekayaan budaya dan sejarah Candi Borobudur ini sudah diakui dunia.

Tak hanya tempat wisata, peninggalan bersejarah ini juga berfungsi sebagai salah satu tempat keagamaan dan ziarah agama Buddha di Indonesia.

“Afifa, bukankah candi itu megah sekali?” Ibu tak henti-hentinya memandang Candi Borobudur sambil menggandeng tanganku. Aku mengiyakan.

Kemegahan candi ini memang tiada duanya. Ketika melihat langsung, akan terasa sekali besar bangunan dan keseluruhan areanya. Jika berada di ketinggian, keindahan arsitektur dan alam sekitar candi sangat memanjakan mata. Serta ada dua hal yang mencolok dan langsung terlihat ketika berkunjung ke Candi Borobudur, yaitu banyaknya relief dan stupa.

Setelah asyik bermain dan menikmati suasana Candi Borobudur, tiba waktunya melepas lelah. Kami pergi ke hotel untuk istirahat.

Keesokan harinya, kami berkunjung ke berbagai tempat, salah satunya ke Malioboro. Banyak orang mengatakan bahwa belum lengkap ke Yogyakarta, jika belum ke Malioboro. Di sana, aku membeli banyak baju dan celana.

Puas berlibur di Yogyakarta, kami sekeluarga kembali pulang ke rumah. Meskipun capek, kami sangat senang bisa berkunjung ke Yogyakarta. Pengalaman ini amat mengesankan. Aku berharap suatu hari bisa mendatangi Yogyakarta lagi. See you, Yogyakarta!

Perjalanan Wisata ke Yogyakarta Afifa Zhafiratunnisa Sofiyani

Afifa Zhafiratunnisa Sofiyani. Ia seorang siswi kelas 5 di M’i Pui Ciawigebang. Berdomisili di Ciawigebang Kuningan Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *