TK Plus Putra Bangsa Gelar Pentas Seni dan Lepas Angkatan Pertama di Balong Kabayan

JENDELAPUSPITA – Pagi yang cerah di kawasan Balong Kabayan, Kampung Ciranjang, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, dihiasi kicauan burung dan keriangan anak-anak siswa TK Plus Putra Bangsa. Mereka bersiap dengan penuh semangat, mengenakan make-up dan kostum lucu untuk acara Pentas Seni dan Pelepasan Siswa yang berlangsung pada Sabtu, 22 Juni 2024, di Bale Tumaritis, Kolam Renang Saung Kabayan.

Acara ini merupakan kegiatan perdana untuk mengakhiri tahun ajaran 2023/2024 dan menjadi momen penting bagi angkatan pertama siswa TK Plus Putra Bangsa yang berlokasi di Kampung Pasiranginangin, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Di pandu oleh Tohir Kulikulo dari grup Trotoar Kreatif. Acara di mulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Rara Gendis Ardaya Prani, siswa SD Birru Wataqwa, yang membacakan Surat Ar-Rahman. Setelah itu, lagu kebangsaan Indonesia Raya di nyanyikan dengan penuh semangat oleh siswa-siswi TK Plus Putra Bangsa, dipimpin oleh dirigen Fahira, siswa TK B.

Kepala TK Plus Putra Bangsa, Isti Wuryanti, S.S. menyampaikan bahwa meski baru pertama kali menyelenggarakan kegiatan ini, semangat dan rasa percaya diri siswa sangat tinggi berkat bimbingan para guru muda yang berdedikasi. Para guru ini, antara lain Siti Fitriani, Nazwa Wulanda Sari, dan Ratna Yuningsih, berasal dari desa-desa di Kecamatan Cijeruk. Sehingga siswa di bimbing oleh guru dari desa mereka sendiri.

TK Plus Putra Bangsa Gelar Pentas Seni dan Lepas Angkatan Pertama di Balong Kabayan

Kemeriahan acara semakin terasa dengan humor spontan dari MC Tohir Kulikulo yang mengundang tawa para orang tua dan tamu. Penampilan anak-anak yang membawakan tarian Ampar-Ampar Pisang, Yamko Rambe Yamko, Manuk Dadali, dan Jaranan. Meskipun di warnai dengan beberapa kesalahan gerak, tetap mengundang riuh dan tawa karena keluguan dan kesungguhan mereka.

Ketua Yayasan Daya Putra Bangsa, Willi Kamawijaya, mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Ia mengajak orang tua dan undangan untuk turut membantu proses pembelajaran di TK Plus Putra Bangsa. Dengan menyumbangkan keahlian mereka sebagai guru terbang.

“Insya Allah, dengan dukungan semua pihak, tokoh masyarakat, ulama, dan stakeholder pendidikan di desa dan kecamatan Cijeruk. TK ini akan berkembang dan menjadi pilihan terbaik bagi orang tua dalam menitipkan anak-anaknya untuk belajar di TK PlusPutra Bangsa.” Ujar Jaya.

Acara di lanjutkan dengan penampilan hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an, doa-doa harian, dan sholawatan dari tiap siswa. Yang tampil dengan rasa percaya diri tinggi, mengundang rasa bangga dari orang tua mereka. Setelah itu, penyematan tanda kelulusan berupa pengalungan medali, sertifikat, dan rapor di laksanakan.

Rangkaian acara di tutup dengan ramah tamah, makan bersama, dan berenang di enam kolam yang ada di Balong Kabayan. Di iringi persembahan lagu dari duet Quen dan Gendis serta Trotoar Kreatif pimpinan Tohir Kulikulo.

Uuh, Ketua RW 02 Kampung Pasirangin, mewakili beberapa Ketua RT dan tokoh masyarakat yang hadir. Menyampaikan kebanggaannya atas keberadaan TK Plus Putra Bangsa di wilayahnya. Ia berharap TK ini terus berkembang menjadi tempat pembelajaran anak usia dini. Untuk memiliki keterampilan dasar, kemandirian, dan kemampuan berakhlakul karimah sesuai usia mereka.

(Red)