Workshop PHE ONWJ dan Guru: Mengembangkan Modul Kemaritiman di Kepulauan Seribu

JENDELAPUSPITA – Enam puluh guru dan kepala sekolah mengambil bagian dalam workshop Pendidikan Kemaritiman di Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, pada Kamis (13/06/2024) lalu.

Para tenaga pendidik berasal dari lima SD di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Menyeberang laut dari pulau pemukiman sejak pagi hari untuk hadir dalam kegiatan ini. Workshop ini merupakan hasil kolaborasi antara Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) dan Dinas Pendidikan setempat. Bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang akan memberi pemahaman mendalam kepada siswa mengenai kemaritiman.

Agus Suprijanto, Sr. Manager Relations Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina. Menyampaikan bahwa kehadiran Pertamina di wilayah operasi tidak hanya berfokus pada aspek bisnis. Tetapi juga pada implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Kami berkomitmen untuk melibatkan masyarakat dan pemerintah daerah dalam merancang program-program yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.

Workshop PHE ONWJ dan Guru: Mengembangkan Modul Kemaritiman di Kepulauan Seribu

R. Ery Ridwan dari PHE ONWJ menambahkan bahwa modul yang di hasilkan dari workshop ini. Di harapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya sektor kemaritiman bagi Indonesia. Selain workshop, kegiatan Pertamina Mengajar juga di laksanakan dengan melibatkan 60 siswa SDN Pulau Kelapa 02. Serta penyediaan bantuan alat tulis, alat olahraga, dan penanaman 2.500 bibit mangrove di Pulau Kelapa.

Muzi Rahayu, Ketua Gugus Pendidikan 02 Mangrove Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mengapresiasi dukungan yang diberikan Pertamina Regional Jawa. Ia berharap modul ini dapat terintegrasi dalam kurikulum pendidikan setempat untuk memberi pengetahuan lebih dalam kepada generasi muda tentang pelestarian lingkungan laut.

Kegiatan ini menegaskan komitmen Pertamina dalam mendukung pendidikan dan pelestarian lingkungan. Sekaligus memperkuat hubungan positif dengan masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

(Hendi/red)